Rabu, 25 Juli 2007

Ayo Menabung dan Berinvestasi!


Salah satu kegiatan yang saat ini sepertinya sedang digandrungi oleh kebanyakan pekerja kerah putih adalah berinvestasi. Cara berinvestasipun menjadi beragam. Mulai dari yang bermain saham, emas, properti, areal tanah, investasi ini,itu dan banyak lainnya. Variasi dari investasi itupun beragam, seperti saham. Entah itu saham yg beresiko ataupun yg sering dikatakan sebagai investasi pendapatan tetap. Ada beragam macam cara dan pilihan untuk berinvestasi. Mulai dari ORI, Reksadana, Obligasi, saham ini itu, dan lain-lainnya.


Pertama kali saya tidak pernah berminat (bisa dikatakan gak ada minat dan keinginan sama sekali) untuk menulis ini. Tapi setelah beberapa hal yang saya alami membuat saya harus menulisnya.

Awalnya, ketika saya iseng-iseng coba bergabung dengan salah satu milis yg berkutat di area usaha atau bisnis. Well, saat itu, disela-sela jam kosong saya di kantor, terbersit keinginan untuk bergabung dengan grup atau kelompok diskusi supaya ilmu saya bertambah. Akhirnya saya begabung di dua milis yg notabene hampir sama.

Tujuan awalnya sich sekedar untuk melihat sejauh mana saja saya sudah ketinggalan informasi.:) Tujuan lainnya, adalah mencari alternatif usaha sampingan yang cocok untuk pekerja seperti saya ini. Untuk menambah income, pendapatan, dan tentunya untuk menambah jam shopping juga.:)


Setiap hari saya rutin membaca dan membuka milis. Ada si A yang menawarkan produk ini, si B yang gak mau ketinggalan menginformasikan tentang launching buku itu, juga tak mau kalah, si C..D..E..F bahkan Z yang turut serta melakukan tukar menukar info ttg bisnis, usaha ini itu. Wah, banyak juga. Dan You Know what? ternyata mereka semua adalah pekerja kerah putih jg spt saya. So, intinya..saya sudah ketinggalan jaman! alias tidak Up to-date, alias dari kemarin, kemana aja????!!! begitu teman2 diskusi saya sempat bilang. Malu juga siy, awalnya. Tapi sy termasuk penganut faham, lebih baik terlambat, dari pada tidak tahu sama sekali. :)

Lalu berbulan-bulan telah lewat, dan saya pun belum juga menentukan bidang apa yg cocok untuk sy pakai sbgai alternative energi dapur saya. :)


Akhirnya, dua bulan ini saya mendapatkan teman berdiskusi khusus bidang investasi juga saran, motivasi serta solusinya bila terkena efek negative dari investasi.

Salah satunya ilmu yg saya dapatkan adalah pengetahuan tentang produk jasa spt: Deposito bank, reksadana, forex, stock Index futures, Komoditas, G-stars, keuntungan serta resikonya yg dapat ditoleransi.

Selain itu jenis-jenis saham yang menjadi unggulan, agen penjual, perusahaan manager investasi terkemuka dan terpercaya serta bank kustodian yg menjadi relasinya.


Wah, ternyata ilmu yg saya dapat sebelum ini, masih jauh dibawah. Dengan belajar menyerap sumber pengetahuan dari luar, ternyata banyak manfaat yg bisa diperoleh. Khususnya untuk sy yg skg menjadi terpacu dan termotivasi untuk memilih investasi yg tepat untuk perencanaan keuangan sy yg skebetulan skg msh single, dan masih suka wara-wiri gak jelas. :) Atau mungkin juga berguna bagi anda.:)

Ayo menabung dan berinvestasi!

*sambil mengepalkan jari tangan kanan kedepan*



Tidak ada komentar: